Di era transformasi digital sekarang ini, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 170 juta orang. Kursus online dapat menjadi kebutuhan banyak pengguna internet di Indonesia. Dengan biaya yang murah, tentunya lulusan SMA dan sederajat dapat menambah keahlian dalam bidang yang mereka minati.

Kursus online gratis dan kursus online murah mungkin sudah banyak, namun tidak berkembang. Secara teknis, setiap kursus online memang membutuhkan biaya, baik untuk infrastruktur IT maupun untuk konten materi kursus serta promosi.

Trend Game Online Dapat Berdampak Buruk Bagi Generasi Penerus

 Di awal tahun 2018, World Health Organization (W.H.O) telah menetapkan bahwa kecanduan game online merupakan salah satu jenis gangguan mental. Dan di tahun 2019 ini, W.H.O telah resmi menetapkan bahwa kecanduan game online sebagai bentuk gangguan mental.

Saat ini, di Indonesia lebih banyak yang minat dengan game online ketimbang kursus online walaupun jauh lebih bermanfaat.  Ini artinya, harus ada pihak yang menjadikan kursus online bersertifikat dengan harga murah sebagai trend di kalangan anak muda.

Misal dengan membuat sebuah iklan video dengan story telling yang menggambarkan 2 pemuda ojek online, yang satu hobby main game, dan yang satu ikut online course di ponselnya. Ketika sudah setahun, pemuda yang hobby main game kesulitan keuangan dan dibantu temannya yang mengikuti banyak online course.

Perbandingan trend kursus online dan game online di Indonesia

Mungkin setelah melihat grafik trend pencarian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa hal ini merupakan kemunduran bagi generasi penerus bangsa. Sedangkan pemerintah terus menggaungkan industri 4.0 yang mana sangat membutuhkan keahlian terkini.

Memang, selama ini bisnis online learning mengalami pasang surut, dan ini tidak terlepas dari faktor transformasi digital. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini izinkan kami menyampaikan ide untuk sebuah kurus online yang efektif.

Kursus Online Seperti Apa Yang Efektif?

Mungkin bagi Anda yang sering mengikuti kursus online di website luar negeri sudah mengetahui seperti apa kurus online yang efektif.

“Kursus online yang efektif adalah kurus online yang menyediakan materi pembelajaran dalam bentuk multimedia, interaktif, dan menyediakan ujian untuk mendapatkan sertifikat.”

Namun, ini tidak dapat berdiri sendiri. Sebuah learning management system (LMS) harus dapat terintegrasi dengan modul atau website lain seperti website-website lowongan kerja, misal JobsDB.Com. Ini memang harus dikembangkan dari waktu ke waktu. Dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk produksi konten.

Biaya Produksi Konten untuk Kursus Online

Untuk memproduksi konten per materi kursus kira-kira membutuhkan Rp. 5 juta, dengan perincian sebagai berikut:

  1. Trainer untuk membuat materi, soal ujian dan rekaman video pembelajaran 15 menit sampai 30 menit Rp. 1.5 juta
  2. Grafis animasi dan interaktif Rp. 1.5 juta untuk total 10 menit.
  3. Biaya promosi dan lainnya sekitar Rp. 2 juta.

Biaya tersebut di atas merupakan biaya minimal. Sebab, untuk animasi dan interaktif dapat membutuhkan biaya yang lebih besar lagi. 

Memang untuk start awal hal ini agak berat, sebab jika ada 100 materi pembelajaran saja maka dibutuhkan biaya sekitar Rp. 500 juta, belum lagi biaya operasional setiap bulannya yang dapat mencapai Rp. 35 juta per bulan. Belum lagi untuk biaya pembuatan aplikasi mobile yang berkisar Rp. 150 juta hingga Rp. 250 juta.

Namun, dengan Rp. 2 milyar, Anda sudah dapat mendanai ide ini dengan potensi pengguna dari 10.000 hingga 1 juta orang. Dengan menerapkan biaya rata-rata per kursus dan sertifikasi online Rp. 100.000, tentu ide ini cukup layak untuk dijalankan bukan?

Anda dapat bayangkan para ojek online yang banyak terdiri dari mahasiswa baru lulus kuliah, saat istirahat mereka dapat mengikuti kursus online selama 1 jam dan mendapatkan sertifikat. Ini dapat meningkatkan kompetensi mereka dan akan memudahkan mereka untuk diterima bekerja.

Lantas, kursus online apa saja yang berpotensi banyak peminatnya? 

Jenis Kursus Online

Berikut beberapa jenis kurus online yang dibutuhkan oleh para pengguna Internet di Indonesia, karena belum ada pendidikan resminya.

Membuat Website

Pelatihan membuat website ini sebetulnya membutuhkan setidaknya 30 jam pelatihan. Oleh karena itu, pelatihan ini dapat dibagi dari 10 sampai 30 modul pelatihan dalam satu seri. Walaupun kursus membuat website ini memang memuat banyak materi, namun dapat dimulai dari pengenalan syarat dan kualitas website, instalasi website, hingga cara membuat halaman website sesuai praktik terbaik.

Selain memberikan sertifikat, kursus membuat website ini juga menyertakan ujian praktik, yakni membuat website standar sesuai praktik terbaik. Misal, dengan membuat website untuk profile pribadi mereka ataupun membuka jasa pembuatan website yang dapat mendatangkan penghasilan paling minim sekitar Rp. 3.5 juta per website.

Pemasaran Online

Seperti kita ketahui, pemasaran online atau digital marketing merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan. Persaingan sekarang ini berada pada ranah digital. Anggaran promosi perusahaan juga mulai berpindah dari media offline ke media online.

Praktisi pemasaran online masih cukup langka di Indonesia. Para agen periklanan dan perusahaan-perusahaan besar saling berlomba dalam mendapatkan tenaga ahli pemasaran online.

Pemasaran online ini terdiri dari beberapa jenis, yang dapat dimulai dari pengenalan digital marketing. Oleh karena itu, kursus digital marketing ini dapat terdiri dari:

  1. Pemasaran di Mesin Pencari

    Kursus ini dapat dibagi menjadi 2:

    • Optimasi mesin pencari yang dapat dibagi menjadi 2 bagian:
      • Optimasi onsite
      • Optimasi offsite
    • Iklan di search Engine.
  2. Pemasaran di Sosial Media

    Kursus ini akan memuat cara design grafis dan manajemen iklan di Facebook, Instagram, LinkedIn dan Twitter.Pemasaran via e-Mail

    Kursus ini hanya akan memuat untuk menggunakan alat pengirim e-mail massal dan cara membuat desain layout e-mail yang baik.

  3. Pemasaran melalui Video

    Kursus ini mungkin akan bersifat exclusive dan lebih mahal dari yang lain, karena akan memuat tentang cara membuat video dan story telling disamping cara beriklan di beberapa platform seperti YouTube, Vidio, dan sebagainya.

  4. Content Writing

    Mungkin saat ini sudah banyak kursus menjadi penulis, akan tetapi masih jarang yang mengajarkan tentang optimasi tulisan agar cepat popular di search engine. Content writing sangat dibutuhkan perusahaan di Indonesia, terutama perusahaan startup dan B2B.

Jika semua 4 point di atas dapat dikuasai oleh seseorang dengan baik, gaji bulanan yang layak untuk mereka mulai dari Rp. 15 juta.

Design Grafis

Ini merupakan kursus yang mungkin cukup banyak peminatnya. Akan tetapi, kursus design grafis ini harus dapat beradaptasi dengan kondisi sekarang. Misal, dengan menggunakan peralatan online untuk membuat grafis di sosial media. Sehingga, kurus design grafis ini tidak lagi hanya seputar penggunaan Adobe Photoshop ataupun Illustrator, namun harus yang dapat cepat dipelajari dan berguna untuk kebutuhan sekarang ini.

Setelah kursus, sebaiknya peserta diberikan ruang untuk menampilkan hasil karya mereka yang juga memuat akun sosial media mereka. Dengan adanya ruang untuk karya design grafis bagi para peserta, ada kemungkinan perusahaan atau pengguna jasa yang tertarik.

Android dan iOS Programming

Kemampuan dalam membuat aplikasi mobile merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak pemberi kerja di Indonesia. Kursus ini dapat sekaligus memuat ujian dalam membuat sebuah aplikasi mobile yang sederhana. Sehingga, para peserta kurus selain mendapatkan sertifikat juga mendapatkan portfolio sebagai bukti kemampuan mereka.

Robotik

Sebetulnya kursus robotik dapat diikuti mulai dari pelajar di sekolah menengah. Peminat kursus robotik ini cukup banyak, namun harus diberikan pelatihan online yang menarik dan tidak monoton, serta dapat diaplikasikan pada kehidupan nyata.

Infrastruktur IT

Infrastruktur IT merupakan tulang punggung operasional di seluruh perusahaan. Otomatis, pelatihan tentang infrastruktur IT dapat meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. Kursus infrastruktur IT umumnya masih bersifat exclusive dan dengan biaya yang cukup mahal. Namun, profesional di bidang ini akan mendapatkan bayaran yang cukup tinggi.

Manajemen Cloud

Teknologi terus berkembang, dari penggunaan server fisik, kini perusahaan dapat menghemat biaya dengan menempatkan sistem dan data di sebuah penyedia data center cloud.

Bidang ini termasuk paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan sekarang ini. Kemampuan untuk administrasi, monitoring dan orkestrasi beberapa cloud merupakan hal yang sangat didambakan oleh banyak perusahaan. Dengan mendapatkan keahlian manajemen cloud, para peserta kursus dapat lebih mudah mencari kerja dengan bayaran yang lebih besar.

Manajemen Jaringan

Jaringan komputer dan infrastruktur juga merupakan tulang punggung operasional bisnis sekarang ini. Sekali jaringan bermasalah, maka kelancaran bisnis dapat terganggu. Profesional di bidang ini sangat dibutuhkan di banyak perusahaan di dunia termasuk di Indonesia.

Kursus manajemen jaringan dapat terdiri dari banyak materi dan tingkatan. Seperti di CISCO yang terus mengadakan pelatihan, namun dengan biaya yang tidak bisa dikatakan murah untuk kantong para pelajar di Indonesia. Ini dapat kita buatkan menjadi kursus online, dan jika memang harus onsite, kita harus dapat sediakan lokasi ujian praktik.

Keamanan Cyber

Keamanan cyber semakin penting di era digitalisasi yang serba terhubung. Bahkan, pemahaman mengenai keamanan cyber di Indonesia juga masih sangat minim, walaupun sudah ada BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

Saat ini, di belahan dunia lain sedang gencarnya bisnis keamanan cyber dan otomatis memerlukan pekerja profesional yang dapat diandalkan.

 

Tenaga ahli di bidang digital masih cukup langka di Indonesia, bahkan di dunia. Dengan kurus online yang murah per kursusnya, tentu akan banyak peminatnya. Apalagi jika para peserta yang sudah lulus dan memiliki sertifikat mulai berikan testimoni sudah bekerja dan mendapat pengakuan dari para pemberi kerja.

Kita tidak selalu dapat harapkan pemerintah turun tangan untuk memperbanyak kursus online sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia di era digital sekarang ini.

Oleh karena itu, untuk investor atau pemilik dana sekurangnya Rp. 2 Milyar dan memiliki keyakinan terhadap transformasi digital serta peduli terhadap masa depan generasi penerus, silahkan menghubungi kami melalui formulir kontak di bawah ini.

Formulir Investor untuk Kursus Online

7 + 5 =

Pin It on Pinterest

Share This