Website merupakan “jendela” bisnis yang dapat menjangkau banyak orang dengan memberikan informasi dan penawaran yang akhirnya menghasilkan konversi. Dalam hal ini Search Engine Optimization atau SEO sangat diperlukan. Kecepatan Website saat ini telah syarat terpenting dalam SEO.

Kecepatan Website Untuk Kesuksesan Digital Marketing

Sekarang ini, kita sendiri akan menutup suatu website ketika lama terbukanya bukan? oleh karena itu kecepatan website merupakan “titik nyeri” pertama kali yang dapat harus terselesaikan oleh setiap digital marketer.

SEO sebagai salah satu saluran digital marketing melalui mesin pencari telah semakin banyak peminatnya di Indonesia. Kita dapat melihat brand-brand besar seperti produk-produk Unilever telah menggunakan search engine sebagai saluran branding mereka.

Pengguna Google sendiri di Indonesia mencapai 166 juta orang, ini jauh lebih tinggi dari pengguna Facebook Network (DB dan IG).

Oleh karena itu, kecepatan akses website telah menjadi faktor penting dalam kesuksesan digital marketing. Anda tidak akan mau melewati ini, sebab risikonya akan membuat kinerja digital marketing Anda menjadi tertahan dan tenggelam oleh persaingan.

idealnya, sebuah halaman website harus dapat terbuka dalam waktu 2 -3 detik. Jika lebih dari itu, orang akan tutup website Anda dan membuka website pesaing Anda yang cepat terbuka halaman websitenya. 

Tidak hanya untuk SEO, kecepatan website telah menjadi faktor pemeringkat kualitas pada periklanan di Google, Terutama untuk iklan pada hasil pencarian yang di akses melalui ponsel. Hal yang sama juga berlaku  pada FB Ads.

Ketika Anda beriklan, lantas banyak orang mengunjungi website Anda, akan tetapi mereka menjadii frsutrasi karena website Anda sangat berat untuk terbuka semuanya, tentu ini dapat menjadi faktor yang menggagalkan digital amrketing Anda.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan page load speed tersebut?

Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Seperti dapat kita lihat di hasil pengukuran kecepatan website GT Metrix dan Google Page Speed Insight yang secara teknis banyak sekali faktornya.

Pada artikel ini, kami akan jelaskan cara meningkatkan kecepatan akses halaman website secara praktis.

Gunakan Hosting Yang Andal

Seperti pada banyak website kantor jasa akuntan dan beberapa website umum lainnya yang kami amati, masih jarang yang memperhatikan soal kecepatan akses website. Biasanya ini terjadi ketika menggunakan shared hosting yang tidak terkelola dengan baik.

Hosting yang dapat Anda andalkan adalah yang memiliki server terkelola dan telah menggunakan set teknologi terbaru. Kenapa pilih hosting seperti ini? karena set teknologi terbaru selalu berikan efisiensi dan kecepatan.

Biasanya biaya shared hosting yang murah akan sebabkan website Anda menjadi lambat dibuka, karena ada antrian proses yang harus terjadi.

Beda dengan shared hosting yang terkelola dengan baik. Untuk shared hosting seperti ini bianya tidak mahal juga sebetulnya, hanya sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 1 juta per tahun.

Oleh karena itu, hilangkan anggapan “kalau bisa murah kenapa harus yang mahal” karena ini dapat sebabkan website Anda sulit di akses oleh para pengunjung, lantas apa gunanya murah jika website Anda selalu di tutup karena terlalu lama terbuka?.

Pakai Platform DIVI Builder atau Oxygen Builder

Sekarang ini, dalam membuat website cukup menggunakan CMS WordPress, tidak perlu berlebih-lebihan. Banyak perusahaan besar di dunia yang menggunakan CMS WordPress, akan tetapi harus tambah platform Visual Builder.

Berdasarkan pengalaman kami, ada 2 platform visual builder terbaik, dan harus disesuaikan penggunaannya agar tepat sasaran, yakni:

  • Jika Anda hanya ingin membuat website company profile, maka cukup tambahkan DIVI Builder yang sekarang ini kami gunakan di situs ini.
  • Jika Anda ingin membuat website e-commerce atau website toko online maka dapat gunakan Oxygen Builder agar performa speed website Anda dapat menjadi “A” atau minimal “B” di GT Metrix.

Kedua platform visual builder tersebut masing-masing memiliki kelebihan tersendiri, akan tetapi untuk kecepatan website sama-sama dapat Anda andalkan.

Optimasi Gambar

Ini yang banyak terlewatkan oleh banyak developer website dan para agency digital marketing (baca: advertising agency). Ketika design yang bagus namun memberikan hasil ukuran file gambar yang besar, tentu ini akan memberatkan website Anda untuk dapat terbuka.

Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan optimasi gambar, baik secara manual atau menggunakan cara otomatis seperti menggunakan Short Pixel. Ini memang berbayar, akan tetapi tidak mahal, hanya sektiar Rp. 100,- per gambar. Jika di website Anda ada 100 gambar, maka akan Ada 1000 gambar yang akan di optimasi (thumbnail, cover, webp, dan sebagainya). Artinya hanya merogoh Rp. 100.000,- saja.

Dengan Rp. 100.000, website Anda dapat lebih cepat di akses oleh para pengguna. Anda mau tetap gratisan? risikonya website Anda selalu ditutup banyak pengunjung lantaran tidak selesai dibuka.

Optimasi Database

Optimasi database MySQL dapat meningkatkan kinerja pemrosesan query di website Anda. Ini akan berpengaruh pada kecepatan website, walau dalam hitungan sekian mili detik. Jangan anggap remeh peningkatan dalam mili detik, karena idealnya website harus dapat terbuka dalam waktu 2 – 3 detik.

Jaga terus data base website Anda agar selalu aman dan teroptimasi.

Kesimpulan

Digital marketing agar dapat sukses harus dikerjakan secara benar dan terstruktur. Website merupakan “jendela bisnis” Anda dan menjadi sarana sosialisasi, edukasi dan konversi.

Kecepatan website harus menjadi awal strategi digital marketing pada bisnis Anda. Melewati proses ini akan menyebabkan potensi kerugian biaya, tenaga dan waktu pada seluruh proses digital marketing yang Anda lakukan.

Tingkatkan kecepatan website Anda sekarang juga, untuk dapat meningkatkan kinerja digital marketing Anda. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk para praktisi dan pelaku bisnis di tanah air.

Pin It on Pinterest

Share This