Di era digital 4.0 sekarang ini, seluruh bisnis dari kecil hingga besar harus memiliki website, namun perlu kita ketahui website yang bagus itu seperti apa. Ini sangat penting untuk diketahui oleh semua orang, terutama para pebisnis dan praktisi pemasaran yang semakin harus digital.

Website merupakan dasar dari pemasaran di jalur internet. Anda bisa saja memiliki jutaan follower di Facebook dan Instagram, akan tetapi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengumpulkan semua keterlibatan atas aktivitas di sosmed Anda tersebut ke satu tempat? Ya, Website adalah jawaban yang tepat.

Saat ini, seluruh jenis bisnis dengan skala apapun harus hadir di hasil pencarian google. Jika tidak, aktivitas pemasaran melalui sosial media akan kurang optimal. Kenapa? karena setelah orang tertarik, biasanya mereka akan mencari perbanding di google. Dan jika bisnis Anda tidak hadir pada hasil pencarian tersebut, maka pesaing Anda yang hadir di hasil pencarian google yang akan mendapatkan penjualan.

7 Kriteria Website Yang Bagus

Banyak sekali kemudahan di era digital sekarang ini dimana teknologi terus berkembang. Penawaran website murah pun banyak bertebaran di hasil pencarian google. Akan tetapi, kualitas sebuah website sangat penting untuk kita pahami. Tujuan memahami ciri website yang bagus adalah untuk memperkuat aktivitas digital marketing.

Berikut 7 kriteria website yang bagus untuk menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih jasa pembuatan website. 

1. Memiliki Struktur yang Jelas

Sebuah website harus memiliki struktur yang jelas. Untuk memahami struktur website yang jelas, Anda harus memahami urutan navigasi website. Misal, dapat dimulai dengan Tentang bisnis Anda, kemudian diikuti dengan Produk dan Layanan, kemudian Testimoni dan Cara Order atau Hubungi Kami.

 Struktur yang jelas akan melibatkan alur atau bagaimana cara Anda mengarahkan pengunjung website untuk melakukan tindakan.

Secara horisontal, Anda dapat mengarahkan pengunjung website melalui menu website. Secara vertikal, Anda harus mengikuti konsep strategi inbound untuk dapat menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

2. Stabil dan Cepat di Akses

Saat ini, kebanyakan pengguna internet di dunia termasuk di Indonesia, banyak melakukan akses internet melalui ponsel. Para pengguna gadget tidak memiliki waktu banyak “untuk menunduk” menunggu website Anda terbuka.

Ada sebuah standar dari Google, bahwa sebuah website harus dapat dibuka maksimal 10 detik.

Selain itu, jika website Anda tidak dapat dibuka dengan cepat, maka calon pengunjung website Anda akan beralih ke website lain pada hasil pencarian di Google.

3. Tampilan Responsive dan Elegan

Tampilan website yang responsive adalah tampilan yang dapat menyesuaikan pada seluruh jenis ukuran layar gadget dan notebook.

Tampilan yang elegan akan meningkatkan citra bisnis Anda, baik di mata relasi maupun para pengunjung website, sehingga dapat membuat para pengunjung betah di website Anda.

4. Mudah di Modifikasi

Sebuah website yang bagus tentu harus mudah untuk dilakukan modifikasi. Ini artinya website Anda tidak “dikunci” oleh vendor penyedia jasa pembuatan website yang Anda pilih.

Website harus dapat berkembang baik dari isi, design, maupun fungsi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastkan website Anda mudah di modifikasi dan tidak ada vendor-locked-in yang mengharuskan Anda membayar setiap ingin ada perubahan atau penambahan.

Terutama sekarang ini di era transformasi digital, seluruh bisnis dituntut untuk dapat cepat beradaptasi pada perubahan. Tentu Anda tidak ingin untuk selalu bergantung pada pihak penyedia jasa website bukan ?.

 

5. Aman dan Memiliki Backup

Sebagai salah satu cara termudah untuk menilai mana website yang bagus dan mana yang tidak adalah dengan melihat alamat URL website, pakai https:// atau hanya http:// ?. Website harus menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yang artinya website Anda ter-enkripsi. Ini juga berarti Anda tidak melakukan usaha “black hat” terhadap pengunjung website Anda.

Google lebih memprioritaskan website yang menggunakan https ketimbang http untuk alasan keamanan. Disamping itu, jika website Anda masih menggunakan http maka akan semakin mahal dalam beriklan di search engine jika Anda melakukan hal tersebut.

Tidak ada satu bisnis pun di dunia yang kebal terhadap downtime. Untuk itu, pastikan penyedia hosting website Anda selalu memiliki cadangan. Selain itu, hosting website harus aman juga dari serangan malware dan DDoS.

Demikian terhadap keamanan dari ancaman serangan cyber yang semakin meningkat. Anda bisa saja memasang peralatan keamanan, akan tetapi cadangan file website merupakan pertahanan terakhir Anda.

 

6. Banyak Konten dan Selalu Update

Kini dengan teknologi website yang terus berkembang, Anda dapat membuat konten website atau posting artikel lebih mudah dan dengan tampilan yang lebih bagus.

Untuk mencegah kebosanan para pengunjung dan untuk keamanan, website yang bagus adalah website yang selalu di update dan selalu terdapat konten baru secara berkala.

 

7. E-Mail tidak Masuk ke Spam Folder

Ini merupakan dilema umum yang merupakan warisan dari aktivitas lama. Banyak perusahaan yang tidak menyadari pentingnya e-mail dapat terkirim dengan baik. Anda tidak ingin e-mail masuk ke Spam Folder penerima bukan?.

Jika e-mail Anda masuk ke Spam Folder, tentu akan membingungkan relasi bisnis Anda dan bahkan dapat menimbulkan terjadinya kesalahpahaman.

Oleh karena itu, pastikan tempat hosting website Anda memiliki teknologi manajemen e-mail yang baik.

Website Yang Bagus Tidak Selalu Harus Mahal

Sekarang memang sudah saatnya Anda memiliki sebuah website yang bagus. Ini sangat penting untuk mewakili bisnis / brand Anda.

Harga website yang bagus sebetulnya tidak terlalu mahal, yang penting Anda dapat kembangkan sendiri dengan cara yang mudah.

Anda dapat memilih penyedia jasa website murah berkualitas yang hanya membutuhkan biaya tidak sampai Rp. 1 juta per tahun. Ini dapat meringankan bisnis Anda pada awal permulaan pemasaran online. Anda tentu akan mengambil kemungkinan terburuk dalam hal pembuatan website, kecuali Anda sudah yakin dengan manfaat website yang bagus.

Untuk awal, Anda hanya membutuhkan sebuah halaman depan di website. Namun, satu halaman website ini harus tampil dengan elegan dan memenuhi 7 ciri kualitas website di atas agar investasi Anda sekecil apapun dapat mendatangkan manfaat.

Kesimpulan

Jadi, kita dapat ambil kesimpulan bahwa, sebuah website yang bagus tidak selalu berarti mahal dan sebuah website yang murah atau mahal sekalipun tak selalu berarti memenuhi syarat untuk dikatakan bagus.

Dengan sebuah website yang bagus dan sesuai dengan strategi inbound marketing, tentu akan lebih berpotensi memberikan dampak pada pertumbuhan bisnis Anda.

WEbsite yang bagus itu .. ktriterianya seperti apa sih ?
WEbsite yang bagus itu .. ktriterianya seperti apa sih ?
Ini merupakan hal yang sangat penting utuk dipahami oleh adik-adik, bagaimana dan seperti apa website yang bagus itu , agar supaya kalian suatu saat dapat berikan jasa pembuatan website yang berkualitas.
KiosMaya

Pin It on Pinterest

Share This